Asuransi Jiwa, Perlukah?

Stop membeli barang yang sejatinya tidak butuhkan meski diskon 70% sekalipun, buat daftar sebelum berbelanja, lacak pengeluaran setiap bulannya, bayar hutang dengan bunga tinggi secepatnya, cari penghasilan tambahan, serta konsultasikan keuangan dengan financial planner untuk menuju kondisi keuangan yang sehat. Dengan demikian, Anda bisa sedini mungkin (premi asuransi jiwa makin bertambah mahal seiring dengan pertambahan usia) membeli asuransi jiwa dari perusahaan dengan reputasi bagus, tawaran premi terjangkau, dan pelayanan prima. Asuransi jiwa, apakah perlu? Beberapa alasan berikut diharapkan dapat menyadarkan Anda akan pentingnya asuransi jiwa dalam kehidupan:

manfaat Asuransi Jiwa

Pengcover biaya medis

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa ada yang bisa mengetahuinya secara pasti. Jikalau kecelakaan mobil/motor yang disebabkan karena jalanan licin/berlubang, rem blong, hilangnya keseimbangan, atau lain sebagainya terjadi pada Anda/keluarga, apakah punya dana simpanan untuk biaya pengobatan atau perawatan medis? Kalau termasuk orang yang hemat, dana untuk biaya medis tidak perlu dikhawatirkan. Kalau boros, boleh jadi pinjam uang untuk hal ini. Termasuk orang yang boros atau penghasilan minim, membeli asuransi jiwa sangat penting. Premi yang kudu dibayar rutin bisa dimanfaatkan untuk mengcover biaya medis jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Lebih dari itu, asuransi jiwa juga pengcover biaya medis ketika Anda/keluarga yang dicantumkan dalam polis terkena penyakit yang butuh pengobatan/perawatan intensif.

Pembantu keuangan sementara pihak ditanggung

Terutama Anda sebagai tulang punggung keluarga, asuransi jiwa penting dimiliki. Ilustrasinya begini, apabila Anda tiba-tiba mengalami kecelakaan yang membuat Anda cacat total sehingga tidak dapat lagi bekerja untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, mengalami penyakit yang membuat Anda hanya bisa berbaring di tempat tidur/duduk di kursi roda, atau bahkan meninggal dunia, apa yang terjadi pada keluarga Anda? Bagaimana pasangan Anda bisa memenuhi kebutuhan harian? Dengan adanya asuransi jiwa, Anda bisa memberikan bantuan keuangan sementara untuk pasangan dalam memenuhi kebutuhan harian yakni sandang, pangan, bayar tagihan listrik & air, dan lain sebagainya sebelum ia bekerja/berbisnis untuk mendapatkan penghasilan. Hanya saja, Anda harus mencatumkan nama pasangan ke dalam polis agar manfaat asuransi jiwa dapat dilimpahkan padanya.

Penjamin dana pendidikan anak

Pendidikan dapat membuat masa depan anak menjadi lebih cerah. Bagaimana tidak? Pendidikan yang didapatkannya hingga tingkat sarjana dapat mempermudahnya melamar pekerjaan. Di samping itu, ia juga bisa memanfaatkan pendidikannya untuk menjadi job maker. Oleh karena itu, jangan sampai anak Anda harus berhenti sekolah ketika Anda sebagai pencari nafkah meninggal dunia. Apa yang harus dilakukan? Mempercayakan dengan pihak asuransi dengan membeli asuransi jiwa. Premi yang telah dikumpulkan sebelumnya bakal digunakan untuk membayar biaya pendidikan anak Anda. Umumnya, pihak asuransi bakal memberikan biaya pendidikan berkala (bisa per bulan atau hanya ketika anak masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tergantung kebijakan dari pihak asuransi).

Penjamin dana masa depan

Masa tua yang bakal ditandai dengan penglihatan & pendengaran yang mulai berkurang, rambut memutih, kulit yang keriput, dan penurunan kekuatan sejatinya hanya tinggal menikmati hasil dari usia muda. Dengan kata lain, tidak sepantasnya lagi di masa tua masih harus bekerja untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan masa depan yang bahagia, Anda harus membeli asuransi jiwa. Disarankan untuk memilih asuransi jiwa dwiguna untuk hal ini karena manfaat dari jenis asuransi ini adalah mendapatkan santunan pada keluarga saat Anda meninggal dunia atau memberikan seluruh uang pertanggungan saat Anda masih hidup pada akhir pertanggungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *